Tidak Hanya Enak, Ubi Cilembu Juga Mengandung Banyak Vitamin dan Manfaat.

Tidak Hanya Enak, Ubi Cilembu Juga Mengandung Banyak Vitamin dan Manfaat. Ubi merupakan salah satu bahan makanan. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara di rebus, di goreng maupun di bakar. Beberapa waktu lalu, pemerintah sempat mencanangkan terkait pengalihan sumber karbohidrat. Pengalihan tersebut bukan berarti harus mengganti sumber karbohidrat yaitu nasi. Tapi, lebih kepada upaya untuk mengenalkan bahwa selain nasi, bahan makanan seperti ubi-ubian serta jagung dapat difungsikan sebagai pengganti nasim Itu artinya, selain nasi, kamu bisa mendapatkan sumber karbohidrat pada kedua jenis bahan makan tersebut.

Ubi Cilembu
Ubi Cilembu

Baca juga artikel lain di : http://pendidikanbisnis.blog.st3telkom.ac.id

Ada banyak jenis ubi-ubian. Di Indonesia timur seperti Papua, masih mengandalakan ubi. Mereka mengkonsumsinya tidak hanya sebagai cemilan. Beberapa masyarakatnya kerap mengkonsumsi ubi beserta lauk pada umumnya. Jika di luar sana kamu mendapati ubi di olah sebagai gorengan atau sebagai kripik, laim halnya pada wilayah-wilayah pedalaman. Ubi kerap di santap hanya dengan olahan sederhana seperti di rebus.

Tahukah kamu, ternyata ada banyak jenis ubi? Benar saja, dan setiap jenisnya juga mengandung segudang manfaat. Klasifikasi ubi terbagi menjadi ubi jalar, ubi cilembu, ubi ungu, dan masih banyak lagi penyebutannya. Kamu harus tahu ciri-ciri setiap ubi agar mudah mengenalinya.

Ubi termasuk jenis tanaman umbi-umbian. Untuk mendapatkannya kamu harus mencabut tanamannya. Karena ubi terletak di bawah tanah. Jika sudah begitu, jangan menunggu untuk tumbuh kembali. Karena itu tidak akan mungkin bisa. Kamu harus menanamnya kembali.

Budidaya ubi cilembu sangat mudah. Ia bisa ditanam pada daerah mana saja. Rasa manisnya membuat salah satu jenis ubi ini sangat digemari. Untuk bisa mendapatkannya, kamu tidak perlu ke desa. Sudah banyak tempat makan atau kedai-kedai yang menyajikannya.

Selain rasanya yang manis, daya tarik lainnya adalah memiliki kandungan vitamin yang banyak. Selain mengandung karbohidrat seperti pada nasi, ubi Jawa ini juga terkenal memiliki kandungan serat, potasium, magnesium, vitamin A, vitamin C, zat besi, fosfor, dan masih banyak lagi kandungan nutrisinya.

Ubi cilembu di olah menjadi apa saja tetap enak. Tapi, kebanyakan orang menyukai ubi yang di bakar. Sebab jika di goreng akan membuat tekstur ubi menjadi gosong. Sedangkan jika di rebus, maka aroma dari ubi tidak akan keluar. Yang paling cocok memang ubi yang di bakar. Tapi hanya untuk jenis ubi ini saja. Tidak berlaku pada jenis uni lainnya. Sangat nikmat di santap dalam keadaan masih panas.

Penyebaran ubi Jawa ini paling banyak berada di sekitaran Jawa Barat dan Sumedang. Selain di bakar dan dijadikan kripik, ubi ini juga kerap di olah menjadi sirup, kue, dodol, dan berbagai jajanan lainnya. Pada kedua wilayah tersebut kerap mereka menjadikan olahan ini sebagai jajanan khas dan jajanan untuk oleh-oleh.

Ubi cilembu juga dipercaya memiliki manfaat terhadap kehamilan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin D dan zat besinya dapat  menjaga sistem kerja kelenjar tiroid. Manfaat lainnya adalah mampu melancarkan peredaran darah. Asupan oksigen jadi lancar. Akibatnya, kamu akan menjadi lebih fit.

Karena rasanya yang manis, beberapa orang juga kerap menyebutnya dengan istilah ubi madu. Ubi ini ternyata juga memiliki manfaat dalam meredakan stres. Hal ini karena terdapat kandungan zat besi dan potasium di dalamnya. Tidak sampai di situ saja. Dalam ubi ini juga terdapat kandungan yang bisa mengobati atau mengurangi gejala gagal ginjal.

Memang tidak salah jika kita mengkinsumsi ubi cilembu. Selain enak, ubi ini juga nyatanya punya banyak manfaat seperti di atas. Sangat disayangkan jika kamu tidak pernah mencicipinya.