Perkembangan Teknologi Game dari Masa ke Masa

Perkembangan Teknologi Game dari Masa ke Masa – Teknologi game terus memperlihatkan perkembangannya apalagi di zaman serba canggih seperti sekarang ini. Tangan-tangan kreatif para maestro menciptakan karya games yang semakin hari semakin canggih dan juga bisa diakses oleh siapapun.

Perkembangan teknologi game
Perkembangan teknologi game

Baca juga artikel lain di : http://pendidikanbisnis.blog.st3telkom.ac.id/

Definisi Teknologi Game

Teknologi game berasal dari dua kata yakni teknologi dan game. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teknologi diartikan sebagai metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis yakni ilmu pengetahuan terapan. Definisi lain dari teknologi yakni keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang dibutuhkan bagi kenyamanan dan keberlangsungan hidup manusia.

Sedangkan kata game yaitu sebuah permainan yang menggunakan interaksi antarmuka para pengguna permainan dalam bentuk gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Secara holistik, teknologi game bisa disimpulkan sebagai proses yang dikerjakan sistem atau perangkat keras yang digunakan untuk mendukung kinerja sebuah permainan tersebut.

Sejarah Teknologi dalam Perkembangan Game

Perkembangan teknologi game pertama kali diciptakan oleh A.S. Douglas di University of Cambridge pada tahun 1952. Waktu itu Douglas memperkenalkan OXO untuk mendemonstrasikan kajian tesis miliknya yang membahas tentang interaksi antara komputer dan manusia.

Dengan perkembangan teknologi saat ini Anda lebih mudah bermain game online terbaik seperti game  situs qq online. Permainan game online yang banyak di gemari oleh para gamer.

Tak berhenti sampai disitu saja, ternyata Douglas lanjut menciptakan kreasinya dengan menciptakan game versi Tic Tac Toe. Game Tic Tac Toe ini diprogram melalui komputer EDVAC Vacuum-tube lengkap dengan layar Cathode Ray Tube (CRT)

Dunia game kembali dihidupkan oleh Fairchild dengan hasil karyanya yaitu Video Entertainment System (VES) pada tahun 1976. Beberapa konsol game yang menjadi primadona pada masa generasi kedua saat itu adalah Fairchild Channel F, Atari 2600, Atari 5200 dan Magnavox Odyssey versi 2.

Sayangnya, eksistensi dunia game sempat menurun di tahun 1983. Salah satu penyebabnya yaitu kurang kreatifnya para pencipta game. Orang-orang saat itu lebih tertarik membeli Personal Computer (PC) daripada konsol video game.

Pada akhir tahun 1983 perusahaan konsol game Famicom Jepang hadir dengan gebrakan baru. Famicom berhasil meluncurkan konsol game bernama Nintendo Entertainment System (NES). Inilah pertama kalinya konsol game  tampil dengan gambar dan animasi beresolusi tinggi.

Famicom berhasil merilis game legendaris yang bahkan hingga saat ini masih digandrungi para gamer yaitu game Super Mario. Teknologi game semakin berkembang dengan hadirnya Playstation oleh perusahaan Sony dari mulai berbentuk CD hingga  DVD. Lalu Microsoft tampil dengan produk baru yang diklaim sebagai saingan Playstation yaitu XBox.

Perkembangan teknologi game mungkin bisa lebih pesat lagi dengan kehadiran berbagai macam produk kreatif dari perusahaan game yang semakin bermunculan meskipun eksistensinya tidak bisa mengalahkan kecanggihan game online.