Beberapa Hal Penting Dalam Surat Perjanjian Sewa Rumah di Palembang

Beberapa Hal Penting Dalam Surat Perjanjian Sewa Rumah di Palembang! Ketika Anda akan melakukan sewa rumah yang berada di kota Palembang, maka sebelum Anda yakin dengan pilihan rumah yang Anda pilih, Anda akan melakukan suatu perjanjian terlebih dahulu dengan pemilik rumah tersebut. Perjanjian tersebut kemudian dituangkan dalam sebuah surat resmi yang terkenal dengan nama surat perjanjian sewa rumah.

sewa rumah di Palembang
sewa rumah di Palembang

Baca juga artikel lain di : http://pendidikanbisnis.blog.st3telkom.ac.id/

Isi dari surat perjanjian sewa rumah tersebut menyangkut persetujuan antara pihak penyewa dan pemilik rumah sewa. Di sana juga dijelaskan waktu sewa rumah di Palembang yang akan Anda buat. Apakah selama satu bulan, tiga bulan, setahun dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam surat perjanjian sewa rumah, yaitu sebagai berikut.

Identitas Pihak Pertama dan Pihak Kedua

Hal penting yang harus ada dalam surat perjanjian sewa rumah di Palembang yang pertama adalah adanya identitas dari kedua belah pihak, yaitu pihak pertama dan pihak kedua. Pihak pertama merupakan orang yang memiliki rumah sewa tersebut. Sementara pihak kedua adalah calon penyewa yang akan menyewa rumah tersebut.

Biasanya, identitas yang sering ada dalam surat perjanjian sewa rumah adalah identitas lengkap seperti, nama lengkap, umur, pekerjaan, nomor KTP, tempat tanggal lahir dan identitas penting lainnya. Hal ini berlaku untuk kedua belah pihak agar terjadi keadilan di dalam surat tersebut.

Masa Berlaku dan Harga

Surat perjanjian sewa rumah di Palembang yang kedua adalah tentang masa berlaku sewa serta harga yang telah ditentukan sesuai kesepakatan. Dalam hal ini, Anda harus memastikan tanggal dimulainya Anda mulai menyewa serta kapan sewa tersebut akan berakhir.

Bukan hanya itu saja, dalam surat perjanjian sewa rumah, Anda harus memasukkan alamat rumah sewa tersebut beserta kesepakatan harga sewa rumah. Baik itu secara per bulan maupun per tahun. Termasuk juga jika dikenakan uang muka atau cicilan setiap bulannya harus dicantumkan juga semuanya.

Surat perjanjian sewa rumah di Palembang juga akan mencantumkan hal-hal lainnya, seperti kesepakatan dalam pembayaran listrik, tagihan telepon, wifi jika ada, air, hingga TV satelit. Biasanya untuk semua hal tersebut akan dibebankan kepada si penyewa sebagai pihak kedua yang akan menghuni rumah sewa tersebut.

Perawatan dan Lingkungan

Kebersihan rumah dan lingkungan sekitar juga menjadi hal penting dalam surat perjanjian sewa rumah. Bahkan, menjaga kekerabatan dengan para tetangga sekitar pun harus dicantumkan juga dalam surat perjanjian ini. Hal ini hanya untuk memastikan bahwa rumah sewa tersebut dapat terjaga dengan baik dan memiliki fungsi sebagai tempat tinggal sesungguhnya.

Mencantumkan Saksi

Hal penting yang harus ada dalam surat perjanjian sewa rumah di Palembang selanjutnya adalah Anda harus mendatangkan saksi untuk melihat setiap proses perjanjian yang dilakukan dan mencantumkan nama saksi tersebut di dalam surat. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memastikan bahwa proses sewa menyewa rumah tersebut dapat berlaku dengan jelas.

Untuk bisa mencantumkan saksi di dalam surat, maka Anda harus mengundang minimal 2 orang saksi untuk dicantumkan dalam surat tersebut. Biasanya orang yang menjadi saksi tersebut adalah ketua RT lingkungan sekitar dan salah satu tetangga yang berada dekat dengan rumah sewa tersebut.

Tanda Tangan, Materai, dan Lampiran

Dan hal penting terakhir yang harus ada dalam surat perjanjian sewa rumah di Palembang adalah adanya tanda tangan, materai serta lampiran. Anda harus memastikan bahwa surat perjanjian sewa rumah tersebut dibuat 2 lampiran agar bisa dipegang oleh kedua belah pihak yang bersangkutan. Jangan lupa untuk menempelkan materai serta tanda tangan untuk mengesahkan surat perjanjian rumah sewa yang telah dibuat dan disepakati bersama.

Demikian informasi mengenai beberapa hal penting yang harus ada dalam surat perjanjian sewa rumah di Palembang. Jadi, sebelum Anda melakukan sewa rumah, pastikan bahwa Anda dan pemilik rumah melakukan pembuatan surat perjanjian sewa rumah terlebih dahulu agar tidak ada kesalahpahaman diantara keduanya.