Perawatan Sederhana Pada Mobil

Kendaraan merupakan suatu kebutuhan untuk di miliki, seperti kebutuhan untuk di gunakan sehari – hari sebagai alat transportasi, saat bekerja, pergi wisata, kepentingan untuk keluarga ataupun untuk bergengsi. Namun apapun itu tujuan nya, saat memiliki atau mempunyai suatu kendaraan tentunya akan kita rawat dan dijaga sebaik mungkin, terlebih pada kendaraan yang kita miliki sendiri. Maupun itu kendaraan baru atau bekas tetap saja membutuhkan perawatan yang benar agar kendaraan dapat bertahan awet juga dapat terlihat baik.

harga crv
harga crv

Khusus nya perawatan pada kendaraan roda empat, yaitu mobil crv. Sangat di sayangkan jika mobil tidak dirawat dengan tepat karna harga crv juga terbilang cukup mahal. Misalnya perawatan pada cat mobil, kaca, juga lampu seperti lampu yang berembun dan yang lainnya namun bukan hal hal luarnya saja yang perlu diperhatikan tapi mengenai dalam mobil tersebut seperti interior yang perlu diperhatikan karna ada beberapa bagian yang tentunya menunjang keselamatan kita saat berkendara, juga pastinya perawatan mengenai mesin mobil, tentu ini yang terpenting sehingga perawatan harus dilakukan berkala juga merutinkan untuk ganti oli juga mengecek rem agar dapat terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan.

Untuk itu mengetahui lebih lanjut bagaimana cara sederhana merawat mobil yang  baik dan benar juga hal hal apa saja yang perlu diperhatikan saat merawat mobil mari simak ulasan berikut ini.

Pertama, perlunya merawat kaca pada mobil, kaca merupakan hal yang penting di perhatikan karna ini mempengengaruhi jarak pandang kita untuk melihat kedepan juga pada penumpang sekitar, dengan cara menggunakan glass cleaner yaitu cairan khusus yang dapat membuat kaca bening kembali, selain itu cek juga pada kualitas air washer gunakan tusuk gigi jika lubang nya tersumbat, dan untuk jendela kaca pastikan pada karet dijendela harus bersih karna jika karet kotor maka akan rentan baret terhadap kaca jendela mobil.

Selanjutnya perhatikan lampu mobil yaitu pada lampu dim, sein juga lampu rem jika adanya kerusakan sebaiknya segera perbaiki dan jangan menggunakan lampu yang boros listrik karna akan membuat aki cepat drop.

Kemudian menjaga cat mobil agar tetap bersih mengkilap dan juga menarik untuk di lihat, caranya saat mencuci mobil gunakan sabun cuci khusus mobil, setelah mencuci gunakan lap mobil yang halus dan kalau bisa saat parkir jangan simpan mobil langsung dibawah trik matahari carilah tempat yang beratap atau rindang agar cat mobil tidak cepat kusam karna sinar matahari.

Kedua, untuk kabin pada mobil tetap jaga kebersihannya, rutinkan lah setelah pemakaian hendaknya selalu bersihkan bagian atap kabin, jok maupun karpet pada lantai mobil supaya tidak munculnya jamur, karna jika kotor dan berbau akan mempengaruhi udara pada isi mobil dimana dihisap blower AC dan menjadikan filter AC cepat kotor.

Dan yang terakhir, memperhatikan tekanan angin pada ban mobil, jangan membawa penumpang melebihi kapasitas, juga mengemudikan harus pada batas kecepatan sesuai pada kemampuan ban dan rutinlah semir pada ban agar menjaga elastisitas dan tentunya agar terlihat bersih juga menarik. Selain itu pada penggunaan transmisi harus dipahami apakah itu manual atau matic jika salah pada penggunaan akan membuat mesin bekerja lebih berat dan akan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin.

Menggunakan bahan bakar yang tepat ini juga akan menjaga mobil lebih awet. Kemudian menjaga air radiator tetap bersih, di sarankan untuk memakai cairan coolent jangan menggunakan sembarang air seperti dari sumur yang mungkin memiliki kadar logam tinggi sehingga tidak ada gangguan pada pendingin dan mobil tidak cepat panas. Begitulah kurang lebihnya tips perawatan sederhana pada mobil, semoga artikel ini bermanfaat.