Jenis Kayu yang sering Digunakan untuk Mebel

Jenis Kayu yang sering Digunakan untuk Mebel! Masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri khas yang menjadi ikon daerah tersebut. Tak terkecuali dengan kota Jepara sebagai kota ukir yang terkenal akan Mebel Jepara. Banyak yang menjadikan salah satu produk unggulan Jepara ini sebagai furniture untuk mempercantik rumah.

Beberapa produk asal Jepara yang sangat terkenal seperti lemari ukir, meja ukir, gebyok, pintu, dan lain-lain. Selain berkualitas, nilai jualnya juga cukup tinggi. Banyak produk ukiran Jepara yang berhasil menembus pasar internasional. Daerah lain yang cukup terkenal juga adalah Bali, yang merupakan daerah penghasil ukiran dan furniture juga seperti Jepara. Salah satu produk Bali yang terkenal di manca negara adakah Bali teak furniture yang digunakan untuk melengkapi interior dan exterior rumah dan Hotel.

Berbicara mengenai produk ukiran pastinya tidak terlepas dari bahan bakunya yaitu kayu. Banyak jenis kayu yang ada di Indonesia namun tidak semuanya bisa digunakan bahan baku produk ukiran. Salah satu  jenis kayu yang cocok dijadikan produk ukiran adalah kayu Jati. Jenis kayu ini menjadi primadona mebel Jepara dan banyak dicari. Keistimewaan kayu ini terletak pada serat dan teksturnya. Selain itu, kayu ini juga terkenal awet sehingga cocok dijadikan bahan baku produk ukiran Jepara.

Jenis kayu lainnya yang juga sering dijadikan bahan baku produk ukiran Jepara adalah kayu Mahoni. Kayu jenis ini selain memiliki kualitas yang bagus juga mudah ditemukan. Para pengrajin ukiran Jepara biasanya lebih senang menggunakan kayu Mahoni karena biaya produksinya lebih rendah bila dibandingkan dengan menggunakan kayu Jati. Kayu Sonokeling juga sering dijadikan bahan ukiran Jepara. Warna kayu yang gelap alami membuat produk ukiran Jepara terlihat lebih elegan. Selain itu kayu ini terkenal kuat dan tahan lama.

Dan salah satu kayu yang mudah diolah menjadi produk mebel meja makan minimalis Jepara adalah kayu Trembesi. Kayu ini paling banyak digunakan oleh pengrajin ukir dan pemilik usaha mebel. Selain jumlah stoknya masih banyak, kayu ini juga memiliki ukuran yang besar sehingga bisa dijadikan berbagai macam produk.

Permintaan mebel dari jenis kayu ini cukup banyak tidak hanya dari dalam negeri saja, permintaan dari luar negeri juga banyak. Dengan ciri khas ukiran Jepara yang unik ditambah dengan kualitas bahan baku kayu yang bagus, menjadikan produk mebel asal Jepara memiliki nilai jual yang  tinggi.